Cara Konfigurasi Wake On Lan Jaringan Komputer

ebook_laptop

cara setup portKonfigurasi Wake On Lan untuk mematikan dan menghidupkan PC dalam jaringan komputer. Hal ini penting dalam era remote komputer. Admin jaringan atau pengguna yang bekerja jauh dari kantor tidak perlu lagi secara fisik datang ke komputer mereka untuk menyalakannya. Konfigurasi Wake On LAN, atau WOL, adalah fitur yang tepat.

Wake On LAN bisa dilakukan melalui BIOS dan kartu jaringan tertentu, jadi tergantung pada setup komputer, bisa jadi komputer anda tidak memiliki kemampuan menggunakannya. Tetapi jalan keluarnya bisa melalui konfigurasi LAN di Windows.

Cara  Konfigurasi Wake On Lan dilakukan sesuai langkah berikut:

  1. Enable WOL pada BIOS.
  2. Enable WOL pada network adapter.
  3. Konfigurasi port-forwarding pada router.
  4. Konfigurasi port-forwarding pada router’s firewall.

Konfigurasi Wake On Lan pada BIOS

Bila Anda boot komputer, tekan tombol yang sesuai untuk masuk setup BIOS Anda. Jika Anda tidak tahu apa kuncinya, lihat pada layar dengan hati-hati ketika komputer start. Sebaian besar BIOS komputer diakses dengan menekan tombol DELETE, F2 atau F10 atau bahkan ada yang menggunakan tombol ESC. Setelah di BIOS, cari pilihan power options atau network card options. Terminologinya akan bervariasi berdasarkan pada BIOS komputer. Tugas anda sekarang adalah menemukan dan entri untuk Wake On LAN. Aktifkan dan tekan F10 untuk menyimpan dan keluar.

 Wake On Lan

Konfigurasi Wake On Lan pada Network Adapter

Selesai di BIOS, berikutnya kita perlu memastikan bahwa kartu jaringan komputer dikonfigurasi untuk menggunakan WOL. Untuk melakukannya pada Windows 7, masuk ke Control Panel dan buka Network and Sharing. Pada panel sebelah kiri, klik Change Adapter Settings. Klik kanan adapter dan pilih Properties kemudian tombol Configure. Di bawah Power Management, pastikan memasang centang pada kotak Allow this device to wake up the computer.

 Wake On Lan

Kemudian dibawah tab Advanced pastikan polihan Wake On adalah enabled.

Anda juga perlu mengetahui IP dan MAC address untuk adaptor jaringan. Untuk menemukan mereka, masuk ke Start dan ketik cmd di kotak dialog dan tekan OK. Pada jendela command prompt ketik “ipconfig jenis/all” (tanpa tanda kutip) dan tekan enter. Tuliskan alamat IP dan alamat MAC (Physical Address).

 Wake On Lan

Note: You should consider making the IP address on this connection “Static.” If the router were to change the IP address through DHCP, you would not be able to perform the Wake On LAN.

Konfigurasi Router Wake On LAN

Sejak setting Wake On LAN diatas selesai, maka ketika anda jauh dari, anda perlu set up beberapa bagian pada router sebelum bisa bekerja.  Router Anda menggunakan alamat IP publik dan ada masalah alamat IP pribadi komputer pada jaringan Anda. Karena itu, Anda akan perlu mengkonfigurasi port forwarding. Ketika permintaan tersebut datang ke alamat publik, router akan tahu ke komputer mana pada jaringan akan dikirim.

Port-forwarding router mempunyai konfigurasi berbeda berbeda. Lihat dokumentasi router dan cari cara setup port-forwarding. Buat pengaturan port forwarding dan beri nama WakeOnLan atau yang serupa. Protokolnya adalah  UDP, Port Sumber mestinya  ANY  dan Destination Port seharusnya Single dan 9.

 Wake On Lan

Anda kemudian harus mencari opsi firewall router Anda dan membuat port-forwarding. Sekali lagi, proses untuk melakukan hal ini akan bervariasi berdasarkan pada tipe router. Anda perlu mengasosiasikan alamat IP komputer dengan aturan port forwarding yang Anda buat di atas.


Kami juga mempunyai ebook lebih lengkap mengenai artikel di atas, silahkan KLIK DISINI
>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer
Tags: , ,

Jangan lupa jempolnya ya......Tengyu !
ebook


Ingin bertanya? gabung grup FB kami dibawah ini;

ebook-servis-komputer


EBOOK MURAH DAN BERKUALITAS DARI :: QBONK MEDIA GROUP ::

cara servis komputer