Cara Mengatasi DNS Error Dan Server Tidak Ditemukan

ebook_laptop

dns errorBagaimana cara mengatasi DNS error dan server tidak ditemukan? Jika anda mendapat pesan ini pada jaringan wireles setiap kali Anda mencoba mengakses sebuah web, ini berarti komputer Anda tidak dapat mengasosiasikan nama dari web, seperti google.com, dengan alamat IP 74.125.43.99. Masalah DNS dapat terjadi karena kesalahan konfigurasi pada jaringan atau masalah dengan web tertentu.

 

Bagaimana Cara Mengatasi DNS Error

Pesan jenis masalah ini tidak sama pada web browser misalnya pada firefox pesannya seperti di atas, tetapi pada  IE mungkin pesannya “The Page Cannot Be Displayed.” Cara Mengatasi DNS Error ini tidak mudah tapi bisa kpelajari dengan cepat.

  1. Apakah masalah ini hanya terjadi dengan jaringan komputer atau web tertentu? Untuk menguji ini, silahkan buka situs lain, dan apakah hasilnya juga sama sebelumnya. Jika website muncul, maka masalah DNS adalah mungkin karena masalah dengan situs tertentu. Untuk menguji, coba gunakan alamat IP website dan bukan nama sebenarnya. Dalam contoh kita di atas dengan Google, kami menggunakan alamat IP dari situs mereka.
  2. Untuk menemukan alamat IP sebuah situs web, kunjungi situs seperti IPLookUp.Net dan ketik nama situs yang anda maksud. Anda akan mendapatkan alamat IP mereka. Berikutnya, ketik alamat IP ke browser web Anda (contoh: http://74.125.43.99) dan lihat apakah situs tersebut muncul. Jika muncul maka berarti ada masalah DNS.
  3. Cobalah refrash halaman dengan menekan F5 pada keyboard Anda untuk me-refresh halaman. Masalah ini juga bisa terjadi karena masih ada cache yang tersimpan
  4. Apakah masalah DNS ini hanya browser tertentu? Jika Anda memiliki lebih dari satu web browser diinstal selain Internet Explorer, seperti Firefox atau Google Chrome, coba buka halaman web dan lihat apakah ini terjadi pada semua web browser. Jika hanya pada satu browser saja berarti masalahnya terletak pada web browser Anda dan bukan jaringan Anda. Berarti Cara Mengatasi DNS Error dilakukan dengan cara kosongkan cache pada browser Anda dan lihat apakah yang menyelesaikan kesalahan DNS.
  5. Coba reboot jaringan Anda. Matikan komputer, router dan laptop. Biarkan selama beberapa menit, dan start ulang dalam urutan terbalik, mulai dengan modem, router, terakhir baru PC. Berikan setiap satu menit untuk sepenuhnya boot. Lihat apakah menyelesaikan masalah.
  6. Periksa informasi alamat IP anda. Setting DNS yang disimpan di router Anda, agar dapat melihat alamat IP dari router anda. Periksa alamat IP Anda untuk masalah ini dengan mengklik tombol Start kemudian ketik cmd dan tekan OK. Pada command line, ketik ipconfig/all. Anda akan melihat adaptor jaringan Anda, bersama dengan beberapa informasi tentang gateway dan server DNS:

 dnsservers

Dalam contoh di atas, router (Default Gateway) memiliki alamat IP 192.168.0.1 dan server DNS yang tercantum di bawahnya. Alamat IP Anda harus menyerupai alamat IP dari router misalnya 192.168.0.2. Jika Anda menggunakan DNS server 0.0.0.0, maka Anda memiliki masalah dengan konfigurasi router.
Pertama, cobalah ulangi pengaturan DNS dari router. Pada command line, ketik ipconfig/flushdns dan kemudian tekan enter. Kemudian ketik ipconfig/registerdns dan tekan enter lagi. Ini harus menghapus tua entri cache DNS di router. Jika ini tidak berhasil, cobalah server DNS baru di router.
Login ke router melalui web browser dan menentukan server DNS baru. Karena semua router menangani hal ini dengan berbeda, Anda harus mencari petunjuk dari situs web router. Untuk router Linksys, buka http://192.168.1.1 pada browser web Anda dan login. Cari tab Konfigurasi dan pastikan router Anda diatur untuk Mendapatkan IP Address secara otomatis. Jika tidak, silahkan ubah dan reboot router sesudahnya. Setelah reboot, router harus mendapatkan update pengaturan server DNS.
Jika Anda ingin menentukan server DNS statis, seperti OpenDNS, ubah pengaturan dari Automatic ke statis dalam konfigurasi router Anda dan masukkan ke dalam server dua DNS berikut: 208.67.222.222 dan 208.67.220.220. Simpan dan reboot router dan komputer Anda.

 opendns

Cara Mengatasi DNS Error  Dengan Bypass

Coba hubungkan komputer langsung ke modem. Jika Anda tidak yakin tentang konfigurasi router, coba hubungkan komputer Anda langsung ke modem Anda jika perangkat terpisah. Beberapa modem dan router akan diintegrasikan, tetapi sebagian lagi tidak. Jika Anda bisa, lewati saja router dan pasang kabel Ethernet langsung ke port internet modem Anda dan reboot kedua perangkat. Setelah reboot, modem Anda akan berkomunikasi langsung dengan komputer Anda, dan jika bisa melakukan akses Internet, sekarang kita tahu masalahnya adalah dalam konfigurasi router. Coba reset ke default router dan mengintegrasikannya kembali ke jaringan, dan hal ini harus bisa memperbaiki kesalahan DNS.


Kami juga mempunyai ebook lebih lengkap mengenai artikel di atas, silahkan KLIK DISINI

>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer
Tags: ,

Jangan lupa jempolnya ya......Tengyu !
ebook


Ingin bertanya? gabung grup FB kami dibawah ini;

ebook-servis-komputer


EBOOK MURAH DAN BERKUALITAS DARI :: QBONK MEDIA GROUP ::

cara servis komputer