Masalah Kerusakan Hard Disk Drive ?

ebook_laptop

hard disk rusakAda kemungkinan ini adalah masalah Kerusakan Hard Disk Drive sehingga pada saat booting muncul pesan “DISK BOOT FAILURE, INSERT SYSTEM DISK AND PRESS ENTER”. Tetapi ini tidak selamanya benar karena masih ada kemungkinan lain yang seharusnya kita teliti terlebih dahulu baru mengambil keputusan letak masalahnya.

Pesan ini biasanya muncul ketika komputer restart dan pada tahap tertentu setelah POST maka sistem akan mencari file eksekusi yang terdapat dalam hard disk. Jika tidak ditemukan maka muncullah pesan Hard Disk Drive tidak dikenal dan munculnya pesan “DISK BOOT FAILURE, INSERT SYSTEM DISK AND PRESS ENTER” dan komputer tidak dapat melanjutkan proses boot sampai ke sistem operasi. Hati-hati dalam mengambil kesimpulan karena letak hard disk yang longgar atau tidak tepat juga menyebabkan hal yang sama. Jika demikia maka jelas ini bukan masalah kerusakan hard disk drive. Maka kita harus teliti dalam mengamati hard disk rusak seperti apa tanda-tandanya.

  1. Kemungkinannya adalah setup tipe harddisk drive pada BIOS berubah, hard disk drive rusak atau IDE controller sebagai kontroler hard disk drive pada mainboard yang rusak. Lakukan analisa dan perbaikan dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini:
  2. Setelah tampil pesan seperti diatas, masuk ke menu setup BIOS atau CMOS Setup dengan menekan tombol kunci sesuai dengan mainboard-nya yaitu DEL, F1, F2, F10, Ctrl+Alt+Esc atau yang lainnya. Baca manual cara masuk BIOS sesuai laptop yang anda perbaiki.
  3. Dari menu utama CMOS Setup, pilih menu Main. Perhatikan apakah isi field-field tersebut berubah atau tidak. Sesuaikan isi tipe hard disk drive tersebut dengan Auto agar spesifikasi hard disk drive di-deteksi oleh BIOS saat boot.
  4. Jika pesan masih tetap tampil, coba buka dan pasang ulang hard drive. Apabila langkah tersebut belum menyelesaikan masalah, coba juga dengan hard drive yang lain lalu uji lagi.
  5. Jika dengan menukar hard disk drive dapat dikenali, berarti hard drive-nya yang rusak.
  6. Jika anda tidak meiliki disk drive cadangan untuk mencobanya, silahkan buka hard drive yang dicurigai dan gandengkan pada PC desktop lalu lihat apakah masih bisa dikenali. Jika tidak dikenali juga berarti ini benar masalah kerusakan hard disk drive.

Kami juga mempunyai ebook lebih lengkap mengenai artikel di atas, silahkan KLIK DISINI
>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer
Tags: ,

Jangan lupa jempolnya ya......Tengyu !
ebook


Ingin bertanya? gabung grup FB kami dibawah ini;

ebook-servis-komputer


EBOOK MURAH DAN BERKUALITAS DARI :: QBONK MEDIA GROUP ::

cara servis komputer