Mengapa Komputer Tidak Ada Suara

ebook_laptop

Komputer Tidak Ada SuaraMengapa Komputer Tidak Ada Suara atau suara komputer hilang? Mungkin ini adalah hal yang sangat umum dan sering anda alami, terutama jika anda senang mendengar music di komputer sambil bekerja. Kadang terjadi bahwa hari sebelumnya anda masih menggunakan komputer dengan baik dan hari ini setelah anda akan menggunakannya ternyata komputer tidak ada suara dan ikon speaker hilang dari sytray.

Jika ditelusuri dengan lebih teliti maka perihal komputer tidak ada suara atau suara komputer hilang secara umum disebabkan disebabkan olaeh 3 hal yaitu kerusakan hardware komputer, kerusakan software komputer dan kesalahan setting baik hardware maupun setting software. Di bawah ini saya berikan dengan lebih detail penyebabnya;

  1. Salah setting software.
  2. Corrupt atau sound drivers hilang atau rusak.
  3. Compatibility dengan operating system atau hardware lain.
  4. Masalah kerusakan Speaker dan hal lain yang berhubungan.
  5. Kerusakan sound card.

Rekomendasi perbaikan;

Pengaturan software volume control settings

Pertama pastikan Anda melihat ikon kecil (mirip speaker) di daerah notification Windows (bagian bawah sudut kanan layar). Jika ikon ini hilang, ikuti langkah berikut.
Windows XP

  1. Buka Control panel
  2. Buka ikon “Sounds and Audio Devices”.
  3. Pastikan kotak “Place volume icon in the taskbar” diberi centang. Jika opsi ini tidak tersedia atau berwarna abu-abu, berarti tidak ada driver sound card dan lanjutkan ke bagian berikutnya dari dokumen ini.
  4. Setelah selesai, klik ok dan menutup jendela ini dan Control Panel.
  5. Klik dua kali ikon suara di Systray dan pastikan bahwa penempatan volume suara berada di pertengahan atau lebih tinggi.

Pastikan driver soundcard terinstall pada komputer

  1. Buka Device Manager Windows
  2. Pastikan tidak ada konflik atau kesalahan yang tercantum di mana saja di Device Manager. Jika ada konflik ke bagian konflik di bawah.
  3. Pastikan tidak ada perangkat lainnya tercatat. Jika ada tertulis Other devices lanjutkan ke bagian Other devices.
  4. Pastikan bahwa ada kategori “Sound, video and game controllers” jika tidak lanjutkan ke bawah ke bagian kartu suara hilang.
  5. Jika semua sudah dicek dan baik-baik saja, lanjutkan ke bagian berikutnya.

Conflicts section

Jika ada konflik dengan kartu suara atau tertulis Other devices di komputer Anda ada kemungkinan bahwa driver tidak terpasang dengan benar untuk perangkat tersebut atau kartu suara atau Other devices bertentangan. Jika Anda membuka properti dari perangkat yang saling bertentangan dan melihat properti, rincian tambahan tentang konflik dapat ditemukan
Jika Anda tidak dapat menemukan informasi tambahan tentang masalah Anda atau tidak mampu mengatasi masalah tersebut, ikuti langkah berikut.

  1. Di bawah Sound, Video and game controllers, sorot perangkat masing-masing dan tekan tombol remove untuk menghapus perangkat.
  2. Reboot komputer.
  3. Setelah komputer boot, maka sistem akan mendeteksi kartu suara dan setiap perangkat dan menginstal ulang perangkat tersebut. Jika diminta driver, coba menunjuk ke CD kartu suara Anda atau CD Windows Anda. Jika ini tidak bekerja atau tidak dapat menemukan file yang tepat, perlu untuk mendapatkan driver suara terbaru dari produsen kartu suara anda.

 

Masalah Other devices

Jika ada Other devices tercantum, adalah mungkin bahwa Other devices tidak lain adalah kartu suara itu sendiri atau perangkat lain yang bertentangan dengan kartu suara. Jika Other devices tercatat sebaiknya Anda me-remove perangkat, reboot komputer dan biarkan Windows mendeteksi ulang perangkat.

Sound card tidak terdeteksi

Jika kategori Sound, video and game controllers” hilang dari Device Manager, ada kemungkinan bahwa driver kartu suara tidak diinstal dengan benar, kartu suara telah dinonaktifkan, kartu suara rusak, atau tidak ada kartu suara tersedia di komputer. Pertama, pastikan tidak ada konflik atau Other devices yang muncul di Device Manager, jika ada maka inilah perangkat menyebabkan kartu suara tidak terdeteksi. Kedua, pastikan bahwa komputer memiliki kartu suara dan diaktifkan pada komputer. Jika ini adalah kartu suara on-board Anda dapat memverifikasi bahwa itu diaktifkan di setup CMOS.

Verify speaker connections

Verifikasi pengaturan speaker dan pastikan bahwa speaker itu sendiri tidak bermasalah. Hidupkan speaker komputer, naikkan volume dan coba anda pegang kabel jack line input speaker dan jika ada suara mendengung maka berarti speaker masih berfungsi. Jika tidak ada reaksi berarti speaker itu sendiri yang rusak.

Driver  Kartu suara
Jika Anda telah mengikuti rekomendasi di atas dan kartu suara masih tidak bekerja, di Device Manager coba remove “Sound, video and game controllers” dan reboot komputer. Ini akan meminta Windows untuk menginstal ulang semua driver yang hilang dan seringkali dapat memperbaiki driver korup. Jika ini tidak bekerja setelah reboot komputer, silahkan download dan instal driver kartu suara terbaru di komputer.

Hardware Rusak
Akhirnya, jika semua rekomendasi di atas tidak menyelesaikan masalah Anda ada kemungkinan bahwa kartu suara secara fisik rusak atau bahwa sistem operasi sangat korup. Kami sarankan Anda hubungi pembuat kartu suara atau komputer untuk pengganti atau tambahan.


Kami juga mempunyai ebook lebih lengkap mengenai artikel di atas, silahkan KLIK DISINI
>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer
Tags: ,

Jangan lupa jempolnya ya......Tengyu !
ebook


Ingin bertanya? gabung grup FB kami dibawah ini;

ebook-servis-komputer


EBOOK MURAH DAN BERKUALITAS DARI :: QBONK MEDIA GROUP ::

cara servis komputer