Tips dan Trik Jaringan Komputer Pada Windows 7

ebook_laptop

windows 7 networkTips dan Trik Jaringan Komputer Pada Windows 7 perlu anda pahami karena Microsoft membuat banyak perubahan dan perangkat tambahan untuk fitur jaringan komputer pada Windows 7. Perusahaan menambahkan dukungan untuk Wi-Fi Protected Setup (WPS), meringankan setup dari jaringan nirkabel. HomeGroup membantu menyederhanakan berbagi jaringan.

 

Selain itu Jaringan Komputer Pada Windows 7  memberi fitur mobile baru yang memungkinkan Anda mengkonfigurasi printer secara default per lokasi. Wireless Host Networks memungkinkan Anda membuat router Wi-Fi virtual. Pada artikel ini kita akan membahas beberapa tips dan trik yang melibatkan fitur baru ini.

#1. Melakukan Hubungan jaringan Wi-Fi dengan WPS

Dalam Jaringan Komputer Pada Windows 7  Wi-Fi Protected Setup (WPS) adalah fitur yang mendukung banyak Wi-Fi router dan adapter untuk membuat hubungan dan mengamankannya dengan sangat mudah. Dukungan dari  router biasanya memiliki tombol yang tinggal Anda dorong jika ingin menambahkan komputer baru. Dalam waktu singkat, Anda dapat menekan tombol pada adaptor nirkabel atau perangkat lunaknya, maka secara otomatis akan mengkonfigurasi dan terhubung dengan router.

Wi-Fi Protected Setup (WPS) didukung secara native di jaringan komputer pada Windows 7. Jadi daripada harus menekan tombol pada adaptor atau menggunakan utilitas nirkabel, yang harus Anda lakukan adalah mencoba untuk menghubungkan. Jika Wi-Fi adapter mendukung WPS, Windows akan meminta Anda untuk memasukkan kunci keamanan atau menekan tombol pada router. Setelah Anda menekan tombol WPS router, adaptor secara otomatis akan dikonfigurasi dan terhubung dengan router.

#2. Mengkonfigurasi router nirkabel Anda melalui Windows

Fungsi lainnya yang dimungkinkan oleh Wi-Fi Protected Setup (WPS) adalah kemampuan untuk mengkonfigurasi pengaturan dasar dari router Wi-Fi melalui interface dengan Windows 7. Biasanya Anda harus login ke control panel router dari web browser untuk mengkonfigurasi pengaturannya.
Ketika Anda mencoba untuk terhubung ke router Wi-Fi, Windows 7 akan menanyakan apakah Anda ingin memasang konfigurasi gabungan tadi. Jika Anda melanjutkan, Anda harus memasukkan PIN WPS router, biasanya dicetak pada bagian bawah router. Setelah memasukkan PIN, Anda dapat mengubah nama jaringan (SSID) dan menyesuaikan opsional pengaturan keamanan serta enkripsi.

Setup wizard juga akan secara otomatis mengkonfigurasi komputer Anda dengan pengaturan yang dipilih, jadi tidak perlu untuk memasukkan kembali password keamanan. Jika Anda memiliki komputer lain pada jaringan, Anda dapat secara manual memasukkan password keamanan saat melakukan hubungan ke router Wi-Fi atau pada Windows 7 komputer lain yang menggunakan WPS seperti yang dibahas di bagian sebelumnya.

#3. Atur printer default untuk setiap lokasi jaringan

Jika Anda memiliki laptop atau netbook dan anda berada di antara beberapa lokasi yang memiliki printer, pertimbangkan pengaturan masing-masing jaringan dengan printer default. Jadi ketika Anda terhubung ke jaringan, Windows secara otomatis akan mengatur printer yang Anda pilih untuk itu jaringan sebagai default. Anda tidak harus memilih printer yang tepat saat mencetak. Untuk menetapkan printer default pada jaringan, klik Start Devices> dan Printer. Pilih printer dan klik Manage Printer Default. Kemudian pilih Change my default printer when I change networks, pilih jaringan, printer default yang ingin Anda gunakan, dan klik [Add]. Ulangi proses untuk jaringan lain.

#4. Sembunyikan dan nonaktifkan HomeGroup

Fitur HomeGroup baru memulai debutnya di Windows 7 mencoba untuk membantu Anda berbagi file dan printer di rumah dan jaringan kecil kantor. Namun, hanya bekerja dengan komputer beroperasi dengan Windows 7. Jika Anda masih memiliki Windows XP atau Vista pada jaringan Anda, pastilah tidak bisa menggunakannya.

Jika Anda tidak menggunakan fitur HomeGroup, Anda dapat menonaktifkan dan menyembunyikannya. Ini menghentikan jaringan komputer pada Windows 7 dari sebuah proses meminta mengkonfigurasi pengaturan HomeGroup setelah menghubungkan ke Home network baru dan akan menyembunyikan link shortcut pada jendela dan dialog Windows Explorer.

Untuk menonaktifkan dan menyembunyikan HomeGroup, klik Start, ketik services, dan klik ikon layanan dalam hasil pencarian. Pada jendela Services, cari dan double-klik pada HomeGroupListener dan HomeGroupProvider. Untuk setiap layanan, klik Stop dan pilih Disabled untuk Startup Type.

#5. Buat host nirkabel (virtual) jaringan
Sebuah fitur baru jaringan komputer Windows 7 memungkinkan Anda membuat Jaringan Hosted Nirkabel. Pada dasarnya menciptakan sebuah router Wi-Fi virtual dengan adaptor nirkabel, memudahkan berbagi atau memperpanjang jaringan dan/atau akses Internet. Anda bahkan dapat meng-host Jaringan Wireless Hosted saat sedang terhubung ke jaringan Wi-Fi biasa dengan adaptor nirkabel yang sama.

Perlu diingat, adaptor nirkabel Anda harus menggunakan driver disertifikasi untuk Windows 7 untuk menggunakan fitur Wireless Network Hosted. Jika Windows mendeteksi adaptor dukungan, maka secara otomatis akan menambah koneksi (Microsoft Virtual WiFi Miniport Adapter) ke jendela Network Connections. Demikian  Tips dan Trik Jaringan Komputer Pada Windows 7

 


Kami juga mempunyai ebook lebih lengkap mengenai artikel di atas, silahkan KLIK DISINI
>>> Kumpulan Ebook di bawah ini sangat penting untuk anda ! <<< ebook-servis-komputer
Tags: , , , , ,

Jangan lupa jempolnya ya......Tengyu !
ebook


Ingin bertanya? gabung grup FB kami dibawah ini;

ebook-servis-komputer


EBOOK MURAH DAN BERKUALITAS DARI :: QBONK MEDIA GROUP ::

cara servis komputer